The 124 tahun 1958 mengakui estetis mercusuar,
dipasang ke stang. Ini suluzione, yang sebelumnya terlihat hanya dalam versi
ekonomis dari "U" pada tahun 1953, kemudian diperluas ke Vespa 150.
Dari model ini kemudian lampu tetap selalu dalam posisi yang sama. Stang adalah
diuraikan. Elemen gaya
lain yang menjadi ciri seri ini diperoleh untuk tulang rusuk untuk kumis
dicetak pada sisi panel dua sisi. Untuk pertama kalinya tubuh dibentuk oleh dua
kerang setengah dari lembaran logam, dilas dalam arah longitudinal, dengan
penguatan pusat.Kap mesin dilepas, campuran 5% dan kecepatan gearbox 31958-1960 Vespa 125 VNB

Vespa 125 SERIES - VNB1T/VNB2T (1959-1961)
Stang masih dipecah menjadi dua bagian, seperti pada seri
sebelumnya. Untuk beradaptasi dengan Kode Jalan baru ini 125 dilengkapi dengan
lampu berhenti dan, oleh karena itu, potentiated sistem listrik. Namun,
perubahan paling penting yang diberikan oleh mesin baru, yang menggunakan
sistem masuk ke disk yang berputar, dengan kemungkinan pemberian pakan campuran
untuk 2 bukan 5%.
Karburator ini bertempat di casing bukan silinder. Rendahnya
persentase minyak berasal dari fakta bahwa dengan saluran intake baru campuran
langsung berinvestasi poros engkol, sehingga pelumas bantalan dari batang
penghubung. Pengakuan cahaya diperoleh pada kasus ini diatur pada setiap rotasi
dari membuka dan menutup sebelah kiri penyeimbang dari poros engkol. Keuntungan
yang signifikan: fluiditas ditingkatkan dalam penyaluran, deposit karbon kurang
dan biaya operasi yang lebih rendah.
Gearbox 3-kecepatan. Versi VNB1 karburator tidak memiliki
choke, dan VNB2T versi odometer opsional memiliki karburator dengan starter dan
odometer sebagai standar.
Jumlah unit yang diproduksi:
VNB1T: 88.449
VNB2T: 33.698
Set kedua diakui oleh konformasi dari stang, yang sekarang
dalam satu tubuh bukan dibongkar dan terbuat dari aluminium cor. Lampu belakang
adalah chrome bukan dicat, dan pedal rem memiliki karet non-slip. Perisai ini
memiliki pelek aluminium. Gearbox memiliki tiga roda gigi. Untuk VNB3T versi
tidak disediakan untuk plat; bebas dari cetakan pada atap mobil dan juga
baterai. Versi VNB4T memiliki persegi eksterior di bagian belakang untuk
memasukkan piring dan juga memiliki dua mondanature pada kerudung. Jumlah unit
yang diproduksi:VNB3T: 55.695 VNB4T: 46.083.
Vespa 125 SERIES III - VNB5T/VNB6T (1963-1966)
Perubahan yang paling penting untuk seri ketiga diberikan
oleh rapprto tukar baru 4 bukan 3 seperti sebelumnya. Versi ini telah VNB5T
lingkaran dicat dan lampu belakang berbentuk bulat dan berukuran kecil. Versi
VNB6T aluminium rims pameran, sedangkan lampu belakang kuadrat lebih besar.
Tulisan pada perisai dinaikkan.
Kemungkinan menggunakan campuran 2% dan pengenalan gearbox
4-speed membuat model ini menarik untuk tim besar pengguna. Vespa adalah lebih
modern dan dihargai, seperti ditegaskan oleh keberhasilan penjualan besar.
Jumlah unit yang diproduksi:
VNB5T: 42.239
VNB6T: 34.438
1965-1969 Vespa 125
Model utilitas, menjaga roda dari 8 "dari seri
sebelumnya tetapi akan menjadi impiegrale model terakhir Mengubah bukan tubuh,
berkat lebih gaya
ke arah yang lebih ramping dan tegang. Itu adalah sama dengan GL perisai ini
memiliki keunggulan aluminium. speedometer adalah desain baru, dengan bentuk
oval mercusuar bulat dan unframed..
Ini adalah model khusus, yang menggabungkan estetika aggioirnata
roda usang diameter kecil. Tampaknya ada sangat sukses di pasaran, dan
digantikan oleh GT.
Jumlah unit yang diproduksi:
VNC1T: 24.146
1960 Vespa 125 GT
Serupa dengan 125 Super dibedakan terutama untuk roda yang
10 "adalah kinerja sedikit lebih tinggi karena rasio kompresi lebih tinggi
Mercusuar adalah trapesium Sekarang transformasi yang lengkap:... Tubuh lebih
modern (berkat mercusuar baru) dan roda berdiameter Mei. penonton enam belas,
kepada siapa ditujukan, membuktikan untuk menghargai inovasi estetika dan
kinerja tinggi, dua isu kunci untuk menahbiskan sukses besar.
Jumlah unit yang diproduksi:
VNL2T: 51.582
VESPA 150 - VBA1T/VBB1T/VBB2T (1958-1967)
Vespa 150 SERIES - VBA1T (1958-1970)
Sebelum 125, 150 perubahan distribusi lewat mekanik ritante.
Hal ini memungkinkan penggunaan bensin-minyak campuran sampai 2%. Karburator
ini berada di casing bukan silinder, seperti pada seri 150 GS diperkenalkan
pada tahun 1955. Rendahnya persentase minyak dalam campuran dibenarkan oleh
fakta bahwa, dengan saluran intake baru, campuran itu sendiri langsung
berinvestasi poros engkol, sehingga pelumas bantalan dari batang penghubung.
Pengakuan cahaya diperoleh pada kasus ini diatur pada setiap
rotasi dari membuka dan menutup sebelah kiri penyeimbang dari poros engkol.
Manfaat yang dihasilkan dihargai oleh pengguna: distribusi aliran peningkatan
daya, mengurangi deposit karbon dan biaya operasional yang lebih rendah.
Jumlah unit yang diproduksi:
VBA1T: 348.812
Vespa 150 GL (1962-1965)
Dengan inisial GL (Grand Luxury) yang 150 ditujukan untuk
para penggemar menuntut lebih. Jalur ini adalah jelas lebih modern, dengan
fender depan lebih ramping dan serangkaian friezes krom untuk menyoroti hasil
akhir lebih halus. Stang memiliki bentuk persegi panjang. Mercusuar adalah
trapesium dan memiliki bingkai krom. Roda meningkat menjadi 10 "dan sayap
depan lebih besar Copristerzo Bentuk grille satu tubuh dengan perisai..
Pelindung sendiri dilengkapi dengan tepi aluminium. The" Vespa GL
"memiliki grafis baru dan biru tua, seperti penutup kursi dan pegangan
penumpang.
Jumlah unit yang diproduksi:
VLA1T: 79.855
1960 Vespa 150
Vespa ini merupakan evolusi dari Vespa 150 (VBA) dan diperkenalkan pada
tahun 1958 dengan sedikit perubahan. Warnanya mirip dengan model
sebelumnya, yaitu biru metalik. Kantong-kantong sampinya dilengkapi
dengan 2 tanda dari aluminium. Lampu belakangnya pun lebih besar dan
dibuat seluruhnya dari krom.
Model ini memperoleh sukses karena keanggunan dan dari fungsionalitasnya
sejak penampilan pertamanya dalam Olimpiade di Roma pada tahun 1960.
1962 Vespa Dali
inilah Vespa yang mungkin hingga kini dianggap paling indah di dunia.
Di musim panas tahun 1962 di Cadaquez, dua orang siswa yaitu Santiago
Guillen dan Antonio Veciana, diatas skuternya, bertemu dengan sang
master surealisme, Salvador Dali.
Seperti yang dituliskan media masa saat itu “Dali tidak merasa gengsi
atas reputasi besarnya sebagai seniman. Ia menghiasi tubuh Vespa dengan
cara aneh. Ia bubuhkan tanda tangannya dan menuliskan nama istrinya yang
selalu menjadi sumber inspirasinya; Gala.”
Setelah diluncurkan pada awal musim panas 1999 di Girona, Spanyol dalam
acara ‘Eurovespa’, skuter model ini mendapat kehormatan karena
dipamerkan dalam ‘The Art of Motorcycle’. Kemudian disumbangkan ke
Museum Piaggio oleh Giovanni Alberto Agnelli.
1963 Vespa 50
Inilah Vespa yang paling digemari anak-anak muda. Mantap, mudah
dikemudikan, eksklusif dan menawan dari segi estetisnya. Model ini
mengambil garis bentuk model silinder besar. Sejak kemunculan
pertamanya, Vespa ini dipromosikan oleh Piaggio dengan slogan dalam
iklan yaitu “Muda, Modern dan … tanpa dokumen.”
Berdasarkan peraturan jalan raya Italia pada tahun 1963, memang Vespa
ini boleh dikendarai oleh anak muda berusia minimal 14 tahun tanpa plat
nomor dan tanpa SIM. Mesinnya benar-benar baru, dan silindernya tak lagi
horizontal, melainkan 45 derajat. Rancangan skuter terakhir ini
ditanda-tangani oleh Corradino D’Ascanio.
Bagaikan batu biduri bulan dalam sejarah Vespa, dari tahun 1964 sampai
saat ini, Vespa 50 telah diproduksi lebih dari 3 juta unit.
1964 Prototype Vespa Militer
Seperti produsen sepeda motor lainnya, Piaggio juga melakukan studi untuk membuat kendaraan militer pada tahun 50an.
Model yang keluar pada tahun 1964 ini berasal dari Vespa 50 dengan
perubahan pada framenya untuk mengurangi ukurannya. Karena itu pipa
steering column dan rodanya dapat dengan cepat dilepas dan disetel pada
kantong bagian kiri. Vespa jenis ini tetap pada bentuk prototipe setelah
melalui beberapa negosiasi antara Piaggio dan Departemen Pertahanan.
1966 Vespa 90 Super Sprint
Sudah tidak diragukan lagi, Super Sprint 90 memiliki desain yang paling orisinil dengan garis bentuk yang mantap. Model ini diproduksi oleh Piaggio sejak 1966 karena memiliki kecepatn, spring/ release yang sangat kuat dan kemudi yang mengagumkan.
Dilengkapi windshield dengan ukuran yang diperkecil dan kotak bagasi di antara jok dan setang. Roda cadangan, seperti pada Vespa GS 1955, tersimpan di tengah pijakan kaki.
Bersamaan dengan keberhasilan Vespa 90 SS, Piaggio juga membuat versi 50cc yang dijual di pasar luar negeri, khususnya di Swiss dan Jerman.
Model 90 SS, seperti Vespa 50, termasuk model yang paling dicari kolektor karena nilainya bagai permata yang cocok untuk dikoleksi.
Vespa Sprint VELOCE
Vespa 180 Super Sport (1964-1968)
Tidak ada penggantian, GS 160 yang tidak terlalu populer,
Piaggio menawarkan model 180, jauh lebih ampuh. Super Sport disebut memiliki
kecepatan tertinggi 105 km / h adalah skuter paling cepat pada tahun-tahun.
Jalur ini lebih boxy dan modern, diperkaya dengan beberapa bagian dari GL
(seperti trapesium cahaya). Dibandingkan dengan suspensi belakang 160
diturunkan dan mengangkat setang melalui perpanjangan kolom kemudi.
Panel samping depan dan fender lebih sudut dan fitur
aluminium friezes linier. Dengan SS 180 digunakan untuk terakhir kalinya di
engine intake dikontrol oleh piston. Dalam Rally 180 model berikutnya akan naik
ke sistem dengan katup putar.
Jumlah unit yang diproduksi:
VSC1T: 35.700
Vespa (1965-1968 super 150
Vespa GS 160 (1962-1964)
Vespa 160 GS SERIES - VSB1T (1962-1963)
Pewaris, GS 150 yang 160 singkatan line're siap untuk
estetis modern dan efisien, seperti pada fender depan.
Ubah juga suspensi depan, musim semi telah memasukkan
goncangan.
Rem memiliki lingkaran simetris dan topi keduanya dilepas.
Ban serep terletak di bawah kiri tenda. Sadel adalah abu-abu
terang. Bagian belakang memiliki pintu berengsel yang menyembunyikan pemegang
alat saku. Meskipun perbaikan, tidak akan bisa masuk ke hati penggemar GS 150.
Jumlah unit yang diproduksi:
VSB1T (seri pertama): 29.000
Vespa 160 GS SERIES II - VSB1T (1963-1964)
Seri kedua dari 160 GS adalah dikenali dengan adanya
kompartemen penyimpanan belakang perisai. Ini menggantikan toolbox tas dari
seri sebelumnya, yang terletak di bawah pintu belakang. Sellone adalah colre
hitam. Kehadiran batang GS baru membuat ini sangat menarik bagi semua orang
yang tidak suka me-mount rak bagasi. Pintu, ukuran murah hati, memungkinkan
pengangkutan benda yang relatif besar yang tidak akan menemukan jalan melalui
pintu kecil dari seri sebelumnya.
Jumlah unit yang diproduksi:
VSB1T (seri kedua): 31.000
1968 Vespa 180/200 Rally
Sampai saat ini, Vespa 180 Rally masih tetap merupakan model yang paling berhasil dari segi estetika dan fungsionalitasnya. Selama kurun waktu 1968-1973, model ini diproduksi sebanyak 26.000 unit.
























